Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan dalam Konferensi Pers KSSK di Ruang Rapat Madya Lantai 5 Gedung Mar'ie Muhammad Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP)(31/10)
KSSK Telah Selesai Mengevaluasi Simulasi Pencegahan Krisis Sistem Keuangan

Jakarta, 02/11/2017 Kemenkeu – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) telah melakukan evaluasi atas simulasi pencegahan dan penanganan krisis keuangan pada Senin, (30/10) di Bank Indonesia (BI). Hasil evaluasi tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Pers KSSK di Ruang Rapat Madya Lantai 5 Gedung Mar'ie Muhammad Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada Selasa, (31/10).

"Tema dari simulasi tahun ini difokuskan untuk menguji bagaimana penerapan Undang-Undang (UU) Nomor 9 Tahun 2016 mengenai Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (UU PPKSK) juga menguji peraturan-peraturan pelaksanaannya yang terkait resolusi kondisi krisis atau kesulitan," jelasnya.

Hasil dari simulasi tersebut menunjukkan adanya peningkatan koordinasi yang makin efektif antara Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai Komite Stabilitas Sistem Keuangan.

"Simulasi tersebut juga menghasilkan beberapa rekomendasi yang masih perlu kita tindak lanjuti sebagai KSSK untuk meningkatkan efektivitas dari penanganan bank bermasalah dan apabila kondisi menjurus kepada situasi krisis," tambahnya. 

KSSK juga menerima laporan kesiapan operasionalisasi dari Sekretariat KSSK yang ditargetkan untuk mulai beroperasi pada tahun 2018. (ip/nr)